5 Karakteristik Bisnis Idaman

Mengetahui sesuatu dan memahami segala sesuatu lebih baik daripada mengetahui segala sesuatu, tetapi tidak memahami sesuatu.

Semua orang pasti sangat mendabakan sebuah bisnis yang memiliki karakteristik seperti ini.

  1. Modal Kecil, Jika terjadi kegagalan dalam bisnis yang ditekuni, maka kegagalan tersebut tidak akan mengakibatkan kerugian yang besar.
  2. Adanya pengarahan, bimbingan dan dukungan, Pengarhan, bimbingan dan dukungan ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang bagaimana cara memulai bisnis tersebut, cara mengelola dan mengembangkan bisnis tersebut, cara menyelesaikan persoalan yang timbul dalam bisnis tersebut, cara mengahadapi hambatan yang ada, pembimbingan yang mampu mengingatkan dan memberikan motivasi serta membantu untuk berdiri tegak saat mengalami sebuah kejatuhan seperti : pertemuan, training, seminar dsb.
  3. Resiko kecil, Jika mungkin, bisnis tersebut tidak beresiko sama sekali.
  4. Pendapatan besar, Tingkat pendapatan ini diharapkan dapat terus dikembangkan hingga tak terbatas.
  5. Expasnsi mudah, Bisnis ini harus bisa diperluas wilayahnya hingga seluas-luasnya.

Selama ini, belum pernah ditemukan karateristik bisnis idaman tersebut. Ketika muncul sebuah peluang bisnis dengan karakteristik yang selama ini dicari, banyak orang justru TIDAK PERCAYA. Akibatnya, reaksi mereka adalah :

  • Memandang sebelah mata bisnis tersebut.
  • Mencurigai bisnis tersebut dan menganggap semuanya itu hanya kebohongan dan penipuan belaka.
  • Menghindari dan menganggap bisnis tersebut tidak mungkin untuk dilakukan.

Sebenernya bisnis idaman tersebut adalah bisnis multi level marketing (biasanya disingkat dengan MLM) atau network marketing. Saat kita meyerahkan biaya pendaftaran untuk menjadi anggota, atau distributor, sebuah perusahaan MLM, kita akan memperolah peket informasi perdana. Untuk menyebut paket informasi ini beberapa perusahaan menggunakan istilah Distributor Kit, Stater Pack atau Stater Kit. Adapun karakteristik bisnis MLM adalah

1. Modal Kecil

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis MLM tidaklah tinggi, hanya berkiasar puluhan sampai ratusan ribu rupiah. Rendahnya modal awal ini disebabkan karena.

  • Sebagai distributor/agen perusahaan MLM kita tidak harus meyediakan tempat seperti ketika kita membuka toko, atau kantor, untuk jenis usaha lainnya. Kita bisa menggunakan rumah kita sebagai tempat usaha. Bahkan ada perusahaan MLM yang meyediakan tempat/ kantor sebagai puasat kegiatan para agen/ distributornya.
  • Sebagai distributor/ agen kita tidak perlu memiliki persedian/ stok barang yang banyak, cukup hanya sebagai contoh produk saja, bahkan Anda bisa melakukan penjualan online jika tidak memiliki stok produk sama sekali dengan menggunakan fasilitas dropshiping. Kalaupun kita ingin memiliki persediaan produk, persediaan itu hanya bertujuan untuk mempermudah kita dalam melakukan transaksi. Ketika terjadi transaksi dirumah konsumen atau prospek, kita tidak perlu membuang buang waktu untuk perjalanan pulang pergi dari rumah konsumen ke stokis hanya untuk membeli satu atau dua botol produk saja. Persediaan atau stok barang yang besar, dilakukan oleh stokis. Hal inilah yang membuat distributor/ agen sebuah perusahaan MLM tidak membutuhkan modal yang besar.
  • Sebagai distributor/agen kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggaji managemen. Perusahaan MLM biasaya telah mempersiapkan managemen untuk menangani bidang adminitrasi serta seluruh kegiatan operasional lainya. Dengan demikian, para distributor/ agen cukup hanya memfokuskan diri pada bidang pemasaran dan pembentukan jaringan rekan kerja (networking)

Selain itu, modal awal yang kita sediakan sebenernya hanya digunakan untuk menganti biaya cetak dari:

  1. Lembaran brosur yang mengulas tentang profil perusahaan.
  2. Lembaran brosur yang berisi keterangan mengenai produk-produk yang dimiliki perusahaan.
  3. Lembaran informasi yang berisi rencana bisnis perusahaan. Informasi yang diberikan meliputi jumalah pendapatan yang bisa diterima, cara memperoleh pendapatan yang lebih besar lagi, serta langkah-langkah, atau persyaratan, yang harus dipenuhi, baik dalam volume penjualan, maupun banyaknya rekan kerja yang berhasil dibentuk.

Dengan mendaftar sebagai distributor, atau anggota, maka kita resmi menjadi pemilik perusahaan yang bergerak dibidang distribusi dari produk-produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

2. Pengarahan, Bimbingan & Dukungan

Bisnis MLM menjadi sebuah bisnis dambaan. Setiap orang yang ingin memiliki sebuah bisnis pasti menginginkan adanya bimbingan dari seseorang yang lebih memiliki pengalaman dalam bisnis, atau usaha tersebut. Dalam bisnis MLM. setiap orang akan mendapatkan bimbingan yang berasal dari :

  1. Upline, yaitu rekan kerja yang telah mengajak kita untuk menekuni usaha MLM. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka miliki, mereka dapat mengarahkan, membimbing, serta mendampingi kita saat menjalankan bisnis ini.
  2. Support System, yaitu sistem penunjang yang menyediakan. Sistem pendidikan, Dengan sistem pendidikan ini, setiap distributor yang tergabung dalam sebuah perusahaan MLM dapat mempelajari cara untuk meraih kesuksesan. Peralatan penunjang, Peralatan penunjang dibutuhkan oleh para distributor untuk mempermudah mereka dalam menjalankan bisnis. Peralatan tersebut dapat berupa audio, buku, VCD/DVD, brosur, atau majalah.

Perusahaan-perusahaan MLM yang bisa berkembang besar dan bertahan lama adalah perusahaan MLM yang memiliki support system. Perusahaan MLM yang tidak memiliki support system bisa dipastikan tidak akan berkembang atau bertahan lama.

Pengarahan dan bimbingan membuat bisnis MLM menjadi sebuah bisnis dambaan, karena kebanyakan bisnis yang lain tidak menyediakan atau melengkapi, para distributornya dengan pengarahan dan bimbingan. Tidak adanya pengarahan dan bimbingan akan mempersulit, bahkan menghambat kita dalam membangun sebuah bisnis.

3. Resiko Kecil

Bisnis MLM memiliki resiko yang sangat kecil, bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada. Kecilnya resiko dalam bisnis ini disebabkan oleh:

  1. Modal usaha yang kecil. Ketika terjadi sesuatu yang sangat buruk, dan kita harus berhenti menjalankan bisnis ini, kita tidak akan kehilangan modal, atau uang, dalam jumlah besar. Bandingkan dengan kerugian yang kita alami ketika kita berhenti menjalankan bisnis lain yang kita buka, atau jalankan sendiri.
  2. Sistem transaksi cash and carry. Semua pembayaran dilakukan secara tunai oleh setiap rekan kerja kita. Hal ini membuat kita tidak akan memiliki PIUTANG TAK TERTAGIH, seperti biasanya ada pada bidang bisnis lainya.
  3. Tanggung jawab terpisah. Masing-masing orang memiliki tanggung jawab dan kewajiban sendiri-sendiri terhadap setiap tindakan yang dilakukan oleh rekan kerja yang kita miliki.

Kecilnya resiko yang dihadapi saat menjalankan bisnis MLM menjadikan bisnis ini sebagai bisnis idaman bagi orang-orang yang telah mengerti dan memahaminya.

4. Penghasilan Tidak Terbatas/Besar

Bisnis jaringan adalah sebuah bisnis yang memiliki potensi pendapatan yang sangat besar, bahkan bisa dikatakan “TIDAK TERBATAS”. Hal ini disebabkan karena dalam jaringan bisnis seseorang tidak ada batasan jumlah rekan kerja yang boleh dimiliki.

Jika pada tahun-tahun awal seseorang dapat memperolah 5 REKAN KERJA saja, maka:

Jika pada tahun-tahun berikutnya ia membangun tambahan jaringan lagi, maka jumlah jaringan yang dimiliki lebih besar lagi (lihat table 1.2).

Data diatas hanya berhenti di kedalaman ke-5, bagaimana kalau sampai dengan 7 kedalaman ? (lihat table 1.3).

Bagaimana jika lebih dari 7 kedalaman? Sebuah jumlah rekan kerja yang sungguh sangat banyak jika diasumsikan seorang distributor MLM memiliki 10.000 rekan kerja dalam jaringan yang dibangun dan setiap rekan kerja tersebut hanya memiliki omset Rp 500.000 saja, maka :

(Rp 500.000 x 10.000 = Rp 5.000.000.000)

Distributor tersebut memiliki jumlah omset sebesar 5 miliar rupiah. Kalau hak yang dimiliki distributor tersebut hanya 2% saja dari omset tersebut, maka penghasilan yang dimiliki bisa mencapai 100 juta rupiah.

Jika jumalah rekan kerja yang dimiliki mencapai 100.000 orang, maka jumlah pendapatan yang dimiliki bisa mencapai 1 miliar rupiah : dengan asumsi memiliki jumlah omset penjualan Rp 500.000 per orang dan hak pendapatan sebesar 2% saja.

Rp 500.000 x 100.000 = 50.000.000.000

Rp 50.000.000.000 x 2% = Rp 1,000.000.000

Bisa Anda bayangkan berapa besar pendapatan yang bida dimiliki atau diperolah seoarang distributor multi level marketing.

5. Ekspansi Mudah

Ekspansi usaha adalah salah satu cara untuk memperbesar pendapatan dan juga memperkecil resiko kehilangan pendapatan. Kita pernah mendengar istilah jangan taruh semua telur yang dipunyai dalam satu tempat. Demikian juga bisnis ini. Perluasan wilayah menjadi satu hal yang penting untuk dilakukan karena kita tidak pernah tahu kapan akan terjadi sesuatu pada salah satu wilayah usaha kita. Hal-hal yang bisa terjadi pada sebuah wilayah:

  • Bencana alam
  • Kerusuhan
  • Keadaan ekonomi yang memburuk
  • Perubahan kebijakan
  • Kesetabilan keamanan dan politik satu wilayah yang bisa berubah sewaktu-waktu.

Kemudahan perluasan bisnis mlm disebabkan oleh:

  1. Kegiatan bisnis MLM tidak membutuhkan tempat, atau autlet khusus. Kegiatan dari bisnis ini bida dilakukan di mana saja, bahkan dirumah sekalipun.
  2. Perluasan wilayah bisnis tidak membutuhkan persediaan barang yang terlalu banyak.
  3. Distributor MLM tidak membutuhkan karyawan untuk menjalankan usahanya.
  4. Rekan kerja yang dibutuhkan pada suatu wilayah baru bisa dibentuk dari siapa pun, bahkan orang yang baru kita kenal di wilayah tersebut.

Dengan segala kemudahan, kelebihan, keuntungan dan keamanan yang dimilikinya, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa bisnis MLM layak menjadi bisnis idaman bagi semua orang. Tidak hanya itu saja, di sisi lain, belum banyak orang yang memahami segala kelebihan yang dimiliki bisnis ini. Hal ini menyedikan peluang untuk menjalanan bisnis ini terbuka sangat lebar, khususnya bagi mereka yang mau menekuninya. Penolakan, Penghinaan, dan pelecehan dari masyarakat luas semakin mempertegas hal ini. Oleh karena itu, jangan sia, siakan peluang ini. Bertindakalah sekarang juga dan raihlah kesuksesan Anda.

Spread the word